Sejarah Jaringan Komputer



Jaringan Komputer
Sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang di desain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesaninstan), dan dapat mengakses informasi (web).
Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien(client) dan yang memberikan/mengirim layanan di sebut server = Client Server

Evolusi Jaringan

Mainframe Pada era 1960-1970 an
  • Pada tahun 1947, ditemukannya transistor semikonduktor membuka banyak kemungkingan untuk membuat komputer dengan ukuran lebih kecil dan tentunya lebih handal.
LAN (Local Area Network) padaera 1970-1980 an
  • Padaakhir1970-an komputer-komputer yang lebih kecil dengan sebutan mini komputer telah diciptakan. Pada masa ini jaringan-jaringan local mulai dibuat dikembangkan dengan berbagai macam teknologi.
WAN (Wide Area Network) padaera 1980-1990 an
  • Pada pertengahan 1980 pengguna PC mulai menggunakan modem untuk berbagi file dengan komputer lain. Dikenal sebagia point-to-point, atau komunikasi dial-up.
Internet pada era 1990 an
  • Daritahun1960-an ke tahun 1990-an Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DoD) mengembangkan Wide-Area Networks(WANs) yang besar, dapat dihandalkan untuk militer dan sains.
Perkembangan Jaringan KomputerISDN (Integrated Service Digital Network)
         
  • ISDN (Integrated Service Digital Network)
ISDN merupakan jalan untuk melayani transfer data dengan kecepatan lebih tinggi melalui   saluran telepon reguler.ISDN memungkinkan kecepatan transfer data hingga 2 Mbps (mega bit per detik).Sebuah standar telekomunikasi internasional untuk suara, video dan data melalui saluran telepon digital atau saluran telepon biasa.
  • VSAT (Very Small AppertureTerminal)
VSAT adalah terminal pemancardan penerima transmisi satelit yang tersebar di banyak lokasi dan terhubung ke hub sentral melalui satelit dengan menggunakan antena parabola.

JaringanVSAT menyediakanaksesyangsangatefisien.

Metode inicosteffectiveuntukdistribusidata ke banyaklokasi.

JaringanVSAT adalah layanan tambahan dari penyedia jasa satelit untuk mendukung aplikasi Internet, data, LAN, suara dan fax sertaVOIP.

1.Transaksi interaktif berbasis komputer
2.Aplikasi dan backbone Internet
3.Video Teleconferencing
4.Database inquiries
5.Bank transactions, ATM
6.Reservation systems
7.Distributed remote process control dan telemetry
8.Komunikasi suara dan VOIP
9.Layanan darurat
10.Transfer elektronik pada Point-of-Sale
11.Medical data transfer
12. Sales monitoring& stock control
  • HFC (Hybrid Fiber Coac)
HFC merupakan teknik jaringan akses yang menggabungkan media transmisi Serat Optik dan Kabel koaksial.
Jaringan HFC dalam perkembangannya dapat dimanfaatkan untuk tiga layanan, yaitu layanan analog (analog services), layanan digital (digitalservices) dan layanan data (data services).
Perkembangan HFC sendiri di mulai dari operator cable TV yang mulai merger dengan operator telekomunikasi.
  • DSL (Digital Subscribe Line)
Jaringan telepon dari sentral lokal ke pelanggan masih menggunakan (twisted pair copper), sementara itu layanan jasa telekomunikasi saat ini tidak hanya terbatas pada suara(telepon) saja.
Penggantian saluran kawat tembaga dari sentral ke pelanggan dengan saluran fiber(fiberoptik) untuk transmisi multimedia dirasa masih sangatmahal.
Oleh sebab itu, peningkatan layanan ke pelanggan tetap diusahakan dengan mengoptimalkan saluran kawat tembaga, yakni dengan teknologi DSL (digital subscriber line; jalur pelanggan digital).
Sebuahmetodetransferdata melaluisaluranteleponreguler.
Koneksi melalui DSL jauh lebih cepat dibandingkan dengan koneksi melalui saluran telepon reguler walaupun keduanya sama-sama menggunakan kabel tembaga.
Konfigurasi DSL memungkinkan upstream maupun downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda(lihat ASDL) maupun dalam kecepatan sama (lihat SDSL).
  • Radio Packet
General Packet Radio Service. Salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel).
Dibandingkan dengan protokol WAP, GPRS memiliki kelebihan dalam kecepatannya yang dapat mencapai 115 kbps dan adanya dukungan aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi grafis dan multimedia.
Previous
Next Post »