Contoh Penulisan Proposal Bab 1 Business Plan

IT & Entrepreneurship
Business plan
Pie Susu Bintang Bali




Oleh :
                                 NIM                                 : 140010039
                                 NAMA                             : RICKY SATRIA
                                 PROGRAM STUDI        : SISTEM KOMPUTER       







SEKOLAH TINGGI
MANAJEMEN INFORMATIKA DAN TEKNIK KOMPUTER
(STMIK) STIKOM BALI
2016

BAB I

1.1  Company

A.    Identifikasi Usaha
Usaha yang dijalankan ini diusulkan oleh:
Nama                           : Ricky Satria
NamaUsaha                 : Pie Susu Bintang Bali
Alamat             : Jalan Nangka Selatan No.78, Denpasar Utara, Bali
No. telp. Usaha           : 0853 38xxxx/0361 264xxx
Email Usaha                : Piesusubintangbali@gmail.com

B.      Visi & Misi
Visi :
“Menjadikan “Pie Susu” sebagai usaha terkenal sampai mancanegara dengan berbagai rasa dan bentuk yang bervariasi untuk memuaskan para konsumen”.
Misi :
1.  Mengutamakan kualitas dalam pelayanan.
2.  Berorientasi kepada kepuasan konsumen.
3.  Mengembangkan inovasi – inovasi baik dalam produk maupun pelayanan.
4.  Mengembangkan usaha di tempat strategis lainnya untuk memperluas usaha.
5.  Menambah wawasan tentang cara berwirausaha tentang kue Pie Susu .

C.    Budaya
“Selalu bisa berkerjasama dan kompak dengan karyawan yang lainnya”.

1.2  Bidang Usaha
       Bidang usaha berupa usaha produksi rumahan yang menjual oleh-oleh yang lezat dan bergizi dan disajikan dengan berbagai rasa, di antaranya yaitu :

1.              Pie Susu Original.
2.              Pie Susu rasa Keju.
3.              Pie Susu rasa Strawberry.
4.              Pie Susu rasa Coklat.
5.              Pie Susu rasa Blueberry.

1.3  Analisis pasar dan SWOT

       Analisis pasar :
1. Geografi
Wilayah yang kita jadikan target yaitu wilayah Denpasar dan Kuta. Alasan memilih wilayah ini karena bahan-bahan untuk membuat produk ini mudah ditemukan di daerah ini dan juga belum ada yang menjual Pie Susu di wilayah ini. Selain itu, juga akan memperluas usaha ke wilayah-wilayah lain seperti Tabanan dan daerah lainnya.

2.  Demografi
Berdasarkan demografi, secara pasar kami bertuju pada kalangan siswa, wisatawan, masyarakat, lingkungan sekitar perumahan dan dipinggiran jalan dengan menitipkan ke toko kue untuk mempermudah kami memperoleh informasi pasar.

       SWOT:
Setiap kegiatan untuk memulai usaha harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisis SWOT.

1. Strength (kekuatan)
Kekuatan  produk Pie Susu ini adalah :
Potensi lain yang dimiliki oleh usaha Pie Susu ini yaitu bahan produk yang terjamin sehat dan higienis, mempunyai ciri khas tampilan dan rasa yang berbeda dengan usaha pie susu yang lainnya yaitu  rasa yang bervariasi serta harga yang cukup terjangkau.

2.  Weakness (kelemahan)
Tidak dapat tahan lama, produknya mudah ditiru, tidak cocok bagi konsumen yang tidak suka telur dan vegetarian.

3.  Oppurtinity (peluang)
Tempat strategis, ciri khas menu dan tampilan pie susu yang unik dan dibuat sesuai selera menjadikan usaha ini sangat menjanjikan, budaya masyarakat yang konsumtif, di Denpasar Utara khususnya di pariwisata sudah sangat terkenal sehingga mempunyai peluang besar untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

4. Threath (ancaman)
Banyak saingan yang namanya sudah lebih melambung dan dikenal konsumen terutama di Denpasar Utara, harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga pie susu yang mungkin dapat mengurangi pembeli.

1.4 Dampak Usaha Terhadap Lingkungan

       Dampak yang di timbulkan yang oleh usaha ini adalah:

1.      Terserapnya tenaga kerja di sekitar tempat usaha.
2.      Kebisingan dalam proses produksi.
3.      Lingkungan daerah jadi terkenal.

1.5 Resiko Usaha
1.      Resiko yang mungkin terjadi dalam usaha yaitu ketersediaan dari bahan yang diperoleh bisa saja memiliki habis atau kosong di supplier sehingga berdampak juga pada produksi yang dihasilkan dan mengakibatkan berkurangnya  produk Pie Susu.
2.      Langkah untuk mengantisipasi resiko yang tersebut dengan mengstok bahan baku secara berkala untuk menghindari bila bahan baku tiba-tiba belum tersedia di supplier.


Previous
Next Post »