IT & Entrepreneurship
Business plan
Pie Susu Bintang Bali
Oleh :
NIM :
140010039
NAMA : RICKY SATRIA
PROGRAM STUDI : SISTEM KOMPUTER
SEKOLAH
TINGGI
MANAJEMEN
INFORMATIKA DAN TEKNIK KOMPUTER
(STMIK) STIKOM BALI
2016
BAB I
1.1 Company
A. Identifikasi Usaha
Usaha yang dijalankan
ini diusulkan oleh:
Nama : Ricky Satria
NamaUsaha : Pie Susu Bintang Bali
Alamat : Jalan Nangka Selatan No.78, Denpasar Utara, Bali
Alamat : Jalan Nangka Selatan No.78, Denpasar Utara, Bali
No. telp. Usaha : 0853 38xxxx/0361 264xxx
B. Visi & Misi
Visi :
“Menjadikan “Pie Susu”
sebagai usaha terkenal sampai mancanegara dengan berbagai rasa dan bentuk
yang bervariasi untuk memuaskan para konsumen”.
Misi :
1. Mengutamakan
kualitas dalam pelayanan.
2. Berorientasi
kepada kepuasan konsumen.
3. Mengembangkan
inovasi – inovasi baik dalam produk maupun pelayanan.
4. Mengembangkan
usaha di tempat strategis lainnya untuk memperluas usaha.
5. Menambah
wawasan tentang cara berwirausaha tentang kue Pie Susu .
C.
Budaya
“Selalu
bisa berkerjasama dan kompak dengan karyawan yang lainnya”.
1.2
Bidang Usaha
Bidang usaha berupa
usaha produksi rumahan yang menjual oleh-oleh yang lezat dan bergizi dan
disajikan dengan berbagai rasa, di antaranya yaitu :
1.
Pie Susu Original.
2.
Pie Susu rasa Keju.
3.
Pie Susu rasa Strawberry.
4.
Pie Susu rasa Coklat.
5.
Pie Susu rasa Blueberry.
1.3 Analisis pasar dan SWOT
Analisis pasar :
1. Geografi
Wilayah yang kita jadikan target yaitu wilayah Denpasar dan Kuta. Alasan
memilih wilayah ini karena bahan-bahan untuk membuat produk ini mudah ditemukan
di daerah ini dan juga belum ada yang menjual Pie Susu di wilayah ini. Selain
itu, juga akan memperluas usaha ke wilayah-wilayah lain seperti Tabanan dan
daerah lainnya.
2. Demografi
Berdasarkan demografi, secara pasar kami bertuju pada kalangan siswa,
wisatawan, masyarakat, lingkungan sekitar perumahan dan dipinggiran jalan
dengan menitipkan ke toko kue untuk mempermudah kami memperoleh informasi
pasar.
SWOT:
Setiap kegiatan untuk memulai usaha harus mengukur kemampuan terhadap
lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisis SWOT.
1. Strength (kekuatan)
Kekuatan produk Pie Susu ini adalah :
Potensi lain yang dimiliki oleh usaha Pie Susu ini yaitu bahan produk yang terjamin sehat dan
higienis, mempunyai ciri khas tampilan dan rasa yang berbeda dengan usaha pie
susu yang lainnya yaitu rasa yang bervariasi serta harga yang
cukup terjangkau.
2. Weakness (kelemahan)
Tidak dapat tahan lama, produknya mudah ditiru, tidak cocok bagi
konsumen yang tidak suka telur dan vegetarian.
3. Oppurtinity (peluang)
Tempat strategis, ciri khas menu dan tampilan pie susu yang unik dan
dibuat sesuai selera menjadikan usaha ini sangat menjanjikan, budaya masyarakat
yang konsumtif, di Denpasar Utara khususnya di pariwisata sudah sangat terkenal
sehingga mempunyai peluang besar untuk mendapatkan keuntungan yang
sebesar-besarnya.
4. Threath (ancaman)
Banyak saingan yang namanya sudah lebih melambung dan dikenal konsumen
terutama di Denpasar Utara, harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat
menyebabkan kenaikan harga pie susu yang mungkin dapat mengurangi pembeli.
1.4
Dampak Usaha Terhadap Lingkungan
Dampak yang di timbulkan
yang oleh usaha ini adalah:
1. Terserapnya
tenaga kerja di sekitar tempat usaha.
2. Kebisingan
dalam proses produksi.
3. Lingkungan
daerah jadi terkenal.
1.5 Resiko Usaha
1.
Resiko yang mungkin terjadi dalam usaha
yaitu ketersediaan dari bahan yang diperoleh bisa saja memiliki habis atau
kosong di supplier sehingga berdampak juga pada produksi yang dihasilkan dan
mengakibatkan berkurangnya produk Pie
Susu.
2. Langkah
untuk mengantisipasi resiko yang tersebut dengan mengstok bahan baku secara
berkala untuk menghindari bila bahan baku tiba-tiba belum tersedia di supplier.